Kamis, 05 Oktober 2023

Merencanakan Tampilan Produk


A. Merencanakan Desain Toko

Desain toko mempunyai fungsi sebagai berikut :

a. Menciptakan citra / ciri khas toko melalui penampilan luar, pemilihan nama / logo, dan pemilihan warna / karakter.

b. Memberikan fleksibilitas yang maksimal, sehingga dapat dilakukan perubahan layout toko untuk menghindari kejenuhan

c. Memudahkan pemeliharaan toko

d. Menjaga keamanan toko

e. Memberikan kenyamanan dalam berbelanja

1. Bagian dalam toko (General Interior)

Elemen - elemen desain interior terdiri dari ;

a. Pemilihan lantai (flooring), 

b. Pewarnaan dan pencahayaan (colors and lighting)

c. Perabot toko (fixtures)

d. Suhu udara (temperature)

e. Jarak antar rak (width of aisles)

f. Karyawan (personnel)

g. Variasi produk (merchandise

h. Label Harga (price labeling)

i. Kebersihan (cleanliness

 2. Bagian luar toko (Exterior)

a. Bagian muka toko (storefront), meliputi kombinasi papan nama, pintu masuk, dan konstruksi bangunan.

b. Simbol (marquee), tanda yang digunakan untuk memajang nama atau logo toko.

c. Pintu masuk (entrance

3. Tata Letak (Layout)

a. Tata letak Lurus (gridiron / grid layout), pola lurus yang memiliki tingkat efisiensi tinggi, lebih banyak menampung barang yang dipamerkan, mempermudah konsumen dan menghemat waktu belanja serta mudah dalam melakukan kontrol.

b. Tata letak alur bebas (free flow layout/curving layout), tata letak melengkung atau berbelok membuat konsumen lebih santai dalam memilih produk.

c. Tata letak butik (boutique layout), tata letak yang pengaturannya disesuaikan dengan target market yang berbeda-beda dalam setiap gerai.

 d. Tata letak arus berpenuntun (Guided shopper flows), tata letak diciptakan toko sehingga konsumen harus mengikuti pola tersebut.

 

 

  

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar